Info Teknologi Informasi

17 Fitur Android Pie 9 yang Harus Anda Ketahui dan Cara Menggunakannya


Cara Menggunakan Fitur di Android Pie 9 - Jika Anda sudah menginstall atau memasang versi terbaru Android 9 Pie, alias sistem operasi (OS) seluler terbaru Google, Anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Karena di artikel ini, kami akan memberikan informasi penting kepada Anda, fitur apa saja yang harus Anda ketahui di versi terbaru Android P / Pie 9. Bukan hany sekedar tahu fiturnya saja, kami juga akan membahas bagaimana fitur itu bekerja dan bagaimana cara untuk menggunakannya sehingga Anda dapat melakukannya di ponsel Android Anda. Fitur Android Pie (P) 9 ini, mencakup cara menggunakan fitur baru untuk memutar (rotate), fitur Baterai Adaptif untuk menghemat baterai di Android Pie, fitur larangan notofikasi atau pemberitahuan yang menggangu, fitur Gestures terbaru di Android P, fitur Unduh Kesejahteraan Digital, fitur penyematan layar lebih mudah (Easier Screens Pinning), cara berinteraksi dengan aplikasi terbaru Anda, fitur bungkam / mute perangkat Android Pie Anda, cara singkirkan animasi / transisi baru, cara kunci layar Lockdown di Android Pie, selami opsi Pengembang, Cara menggunakan fitur emoji baru yang tersedia di Android Pie, akses sekali sentuh ke alarm Anda, cara edit tangkapan layar / screenshot dengan cepat, cara menghubungkan hingga lima perangkat audio Bluetooth, fitur tema gelap / dark theme yang baru, fitur yang membatasi Hotspot Anda ketika tidak digunakan lagi (Biarkan Hotspot Anda berjalan liar). Baca juga: Perangkat Android yang Mendukung Fitur Andoid P 9.0

17 Fitur Android Pie 9 yang Harus Anda Ketahui dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Fitur di Android Pie 9
1. Cara baru untuk memutar (rotate) di Android Pie

Di versi Android Pie 9, Anda dapat memutar jendela aplikasi tanpa canggung menurunkan bayangan pemberitahuan dan mencari toggle pengaturan cepat. Cukup flip perangkat Anda horizontal, kemudian Anda akan melihat ikon rotasi kecil muncul di samping tombol Aplikasi terbaru. Ketuk untuk mengubah aplikasi Anda secara horizontal, lalu alihkan ke arah lain dan ketuk ikon yang sama untuk rotate kembali ke vertikal. Ini sangat memudahkan kita bukan?

2. Daya baterai yang beradaptasi dengan Anda (fitur Baterai Adaptif)

Fitur Baterai Adaptif Android Pie 9.0 membantu mengelola manajemen daya perangkat Android Anda. Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah fitur ini aktif, caranya cukup buka Pengaturan> Baterai> Baterai Adaptif.

Jika Anda menggunakan Baterai Adaptif, sistem akan mempelajari aplikasi mana yang diprioritaskan untuk digunakan dan mana yang dapat tetap tidak aktif. Atau jika ada aplikasi yang merajalela di latar belakang ponsel Anda, sistem akan menanyakan apakah Anda ingin mencegahnya melakukan hal itu lagi. Android juga akan melakukan pramuat aplikasi yang sering Anda gunakan sehingga mereka tidak memonopoli sumber daya sistem Anda saat Anda mengaktifkannya. Pada dasarnya fitur ini membantu Anda dalam menghemat pemakaian baterai di Android Pie.

3. Larang pemberitahuan / notifikasi yang mengganggu

Kemampuan baru yang berguna di Android 9 membuat catatan pemberitahuan yang Anda segera tanggalkan dan kemudian bertanya apakah Anda ingin menghentikan kegilaan itu. Atau jika Anda tidak ingin menunggu untuk menangkapnya, Anda bisa secara manual mengontrol pemberitahuan mana yang muncul pada Anda di dalam panel Pengaturan.

4. Berkenalan dengan gerakan baru (new Gestures)

Ada beberapa keraguan di komunitas Android tentang skema navigasi geser-sentuhan baru Android Pie 9, termasuk cara layar aplikasi Terkini telah dirubah untuk menggulir dari kiri ke kanan daripada ke atas dan ke bawah. Tapi begitu Anda mengalami kegunaan metode baru, Anda mungkin tidak ingin kembali ke cara tiga tombol lama.

Dari layar Pengaturan sistem, ketuk Gesture, kemudian aktifkan opsi untuk "Geser ke atas pada tombol Beranda." Ini akan menghapus pintasan Aplikasi terbaru dan mengganti dock navigasi dengan tombol yang terlihat seperti Tic-Tac peppermint. Gulir ke atas dari sana untuk melihat aplikasi terbaru, lalu gulir ke atas lagi untuk laci aplikasi. Anda dapat menggeser ke kiri pada bilah navigasi untuk menyaring aplikasi, atau gulir ke atas dalam satu gerakan cepat untuk menggambar drawer aplikasi dengan cepat. Ini adalah trik praktis untuk layar ponsel yang lebih besar.

5. Unduh Kesejahteraan Digital

Google memuji fitur Kesejahteraan Digital di konferensi pengembangnya awal tahun ini, tetapi fitur ini belum menjadi bagian dari pembaruan Android Pie 9.0. Menurut The Verge, itu tidak akan secara resmi dirilis sampai musim gugur. Anda harus mengunduh aplikasi dari Play Store dan, karena saat ini dalam versi Beta, daftar untuk mendapatkan akses. Tetapi ini menawarkan banyak fitur bermanfaat jika Anda khawatir tentang kecanduan ponsel cerdas Anda.

Setelah fitur diaktifkan dari Pengaturan, Digital Wellbeing terus-menerus mengumpulkan data tentang kebiasaan penggunaan Anda terhadap smartphone, termasuk seberapa sering Anda menggunakan berbagai aplikasi di ponsel Android Anda, berapa banyak notifikasi yang Anda terima sepanjang hari, dan seberapa sering Anda memeriksa ponsel Anda. Anda dapat mengaktifkan pengatur waktu aplikasi setiap hari untuk menetapkan batas waktu Anda menggunakan aplikasi tertentu. Ada juga fitur Wind Down, yang mengingatkan Anda untuk mematikan di malam hari dan menetapkan jadwal untuk memudarkan layar Anda ke skala abu-abu sebelum tidur dan tepat setelah Anda bangun.

6. Penyematan layar lebih mudah (Easier Screens Pinning)

Pemasangan pin pada layar diperkenalkan pada versi Android Lollipop, tetapi Android Pie 9 kini menawarkan cara yang lebih baik untuk mengunci layar perangkat Anda ke satu aplikasi.

Caranya cukup mudah Anda perlu masuk ke Pengaturan, di bawah Keamanan & lokasi, ketuk Lanjutan untuk pengaturan lainnya, kemudian pilih "Pin ke layar." Anda akan melihat fitur "Pin" muncul ketika Anda mengetuk ikon di layar Aplikasi terbaru. Untuk melepas pin pada aplikasi, sentuh dan tahan tombol kembali dan beranda.

7. Berinteraksi dengan aplikasi terbaru Anda

Perlu berbagi gambar atau teks antar aplikasi? Ini adalah tugas di versi Android sebelumnya, tetapi dengan layar aplikasi baru Android Pie baru-baru ini, kini Anda dapat memilih teks atau berbagi gambar dari dalam pengalih aplikasi. Caranya, tekan dan tahan pada area yang ingin Anda salin atau lakukan tindakan dengan dan antarmuka akan merespons sesuai. Android Police memiliki primer yang hebat tentang cara kerjanya. Fitur ini awalnya diaktifkan di ponsel Pixel generasi pertama Google, meskipun tidak pernah dihidupkan. Sekarang di sini, Anda mungkin menemukan diri Anda mengutip apa yang Anda baca lebih sering daripada sebelumnya.

8. Bungkam / Mute perangkat Android Anda

Pie Android tidak lagi default ke dering saat Anda menekan tombol volume naik atau turun. Sebaliknya, Anda menyesuaikan volume media perangkat Anda, yang lebih masuk akal dari sudut pandang pengalaman pengguna. Anda juga dapat mencegah dering di lingkungan yang tenang dengan menekan tombol volume naik dan daya pada saat yang bersamaan, tidak perlu membuka kunci layar sama sekali.

9. Singkirkan animasi / transisi baru

Transisi Android tidak selalu menjadi sesuatu yang menarik, tetapi Pie menambahkan elemen antarmuka dinamis baru untuk merapikan sistem operasi. Layar menu sekarang meluncur ke atas dari bagian bawah layar dan memiliki sedikit efek pantulan saat transisi masuk dan keluar. Ini adalah fitur tambahan kecil, tetapi jika Anda tidak merasakan animasi baru atau mereka memperlambat sistem, Anda dapat membuangnya di pengaturan Aksesibilitas. caranya, ketuk pengalih ke "Hapus animasi." Perhatikan bahwa ini akan mematikan animasi / transisi di beberapa aplikasi lain juga.

10. Kunci Layar Lockdown di Android Pie

Veris Android terbaru yaitu Android Pie menawarkan pengaturan yang disebut Lockdown, yang secara efektif mengunci ponsel Anda sehingga hanya PIN atau pola yang akan menampilkan layar Home. Fitur Lockdown ini juga mematikan Smart Lock dan menyembunyikan notifikasi dari Lock Screen, jika Anda khawatir orang yang lewat mengintip dari percakapan Anda.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Begini caranya: pergi ke aplikasi Pengaturan> Keamanan & lokasi> Preferensi layar kunci, dan aktifkan "Tampilkan opsi kuncian". Anda akan dapat mengakses kemampuan ini dengan menekan lama tombol daya dan kemudian mengetuk opsi Penguncian. Anda akan melihat layar kunci kosong untuk menunjukkan antarmuka terkunci dengan benar. Setelah Anda membukanya, Anda harus melakukan rutin ini lagi untuk mengamankannya kembali.

11. Selami opsi Pengembang

Pengguna OS Android berpengalaman tahu bahwa jika Anda menggali jauh ke dalam opsi Pengembang dalam panel pengaturan, Anda dapat menemukan beberapa permata asli.

Di bagian bawah Pengaturan, ketuk pada opsi Sistem, pilih Tentang telepon, kemudian ketuk Nomor Bangun di bagian bawah layar tujuh kali. Pengaturan Opsi Pengembang baru akan muncul di panel Pengaturan. Ketuk opsi untuk menemukan daftar fitur baru. Tidak semua fitur dimaksudkan untuk digunakan untuk operasi sehari-hari, karena Google secara eksplisit memberi label sebagai fitur eksperimental. Berikut adalah dua, khususnya, untuk mencoba dalam Android Pie:
Secara otomatis menyalakan Bluetooth saat mengemudi: Gulir ke bawah untuk mengetuk opsi Fitur bendera. Alihkan ke opsi "settings_bluetooth_while_driving." Setiap kali ponsel Anda merasa Anda mengemudi di suatu tempat, maka secara otomatis akan mengaktifkan Bluetooth untuk terhubung ke sistem stereo mobil Anda.
Aktifkan mode Malam / Night mode: Android Pie menawarkan tema gelap langsung dari kelelawar di pembaruan perangkat lunak tahun 2018 ini, tetapi ada juga mode Malam yang dapat Anda aktifkan yang memaksa aplikasi pihak ketiga untuk menerapkan tema malam asli mereka. Di opsi Pengembang, gulir ke bawah ke mode Malam untuk memilih apakah Anda ingin hidup, mati, atau hanya menyala berdasarkan waktu.

12. Coba emoji baru yang tersedia di Android Pie

Pembaruan perangkat lunak mencakup Google Emoji 11.0, di samping beberapa perombakan dari beberapa karakter yang ada. Pistol sekarang digambarkan sebagai pistol air mainan, dan Penyu tampak jauh lebih sedikit menyendiri. Beberapa karakter emoji baru mencakup wajah merah dan berkepala perak, serta wajah ketika Anda merasa panas atau dingin. Raccoon dan Cupcake juga melihat beberapa perwakilan di set emoji Android 9, dan bahkan ada Emoji Superhero dan Supervillain.

Emojipedia memiliki rincian fantastis yang emoji harus dicari dalam pembaruan perangkat lunak terbaru. Satu-satunya peringatan adalah bahwa tidak semua orang dengan Android 9 memiliki karakter baru. Karakter baru kemungkinan akan muncul di masa depan pembaruan.

13. Akses sekali sentuh ke alarm Anda

Sleepyheads, Anda dapat dengan cepat memeriksa alarm Anda (atau mengakses fitur stopwatch) dengan shortcut baru di Android Pie 9. Gulir ke bawah bayangan pemberitahuan sekali, kemudian ketuk pada jam, sekarang berada di pojok kiri atas antarmuka. Untuk memeriksa alarm Anda berikutnya, cukup gulir dua kali dari atas, dan itu terletak tepat di atas penggeser kecerahan layar.

14. Cara Edit tangkapan layar / screenshot dengan cepat

Android Pie 9 kini menawarkan opsi pengeditan cepat untuk screenshot yang baru saja diambil. Notifikasi akan tetap ditampilkan untuk kedua dengan pintasan untuk membagikan, mengedit, atau menghapus tangkapan layar Anda. Jika Anda mengetuk opsi kedua, Anda akan masuk ke layar tempat Anda dapat memotong, menyorot, atau menandai tangkapan layar Anda. Hal ini jauh lebih mudah daripada berurusan dengan aplikasi pengeditan gambar pihak ketiga atau mengetuk untuk masuk ke editor gambar bawaan Android. Tentunya fitur canggih ini sangat membantu Anda dalam mengedit hasil screenshot.

Baca juga: Fitur Tersembunyi di Android P dan Cara Menggunakannya
15. Menghubungkan hingga lima perangkat audio Bluetooth

Di versi Android 8.1, Anda hanya dapat memasangkan hingga dua perangkat audio Bluetooth pada satu waktu. Android Pie 9 up yang dihitung hingga lima. Seperti yang ditunjukkan oleh Polisi Android, tidak ada pemutaran simultan, jadi jangan berpikir untuk memulai pesta blokir.

16. Coba tema gelap / dark theme yang baru

Android Pie telah menambahkan opsi untuk tema terang dan gelap otomatis pada Pixel Launcher. Anda dapat memilih apakah perangkat Anda selalu dalam mode terang atau gelap, atau apakah itu harus menyesuaikan skematik warna dari wallpaper Anda.

Fitur khusus ini bervariasi dari tema Malam yang disebutkan di opsi Pengembang, karena tidak melampaui peluncur. Jika dipilih, tema gelap hanya akan berlaku untuk layar Utama, panel pengaturan cepat, halaman Google Feed, laci aplikasi, dan menu daya dan tingkat volume popup.

17. Biarkan Hotspot Anda berjalan liar

Anda tidak perlu khawatir tentang kelebihan data dengan Android P 9. Ada fitur baru yang secara otomatis mematikan hotspot wifi Anda jika tidak ada perangkat yang secara aktif tertambat. Dalam preferensi hotspot wifi Anda, pilih opsi untuk "Matikan hotspot secara otomatis."

Nah, itulah fitur Android Pie 9.0 yang wajib Anda ketahui. Anda dapat mencobanya di perangkat Anda yang menjalankan OS Android Pie.


Labels: Android

Terima kasih telah membaca: 17 Fitur Android Pie 9 yang Harus Anda Ketahui dan Cara Menggunakannya. Mohon share jika terbantu dengan adanya informasi ini...!

0 Comment for "17 Fitur Android Pie 9 yang Harus Anda Ketahui dan Cara Menggunakannya"

Peraturan Komentar :
1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Silahkan membuka Lapak tetapi tidak dengan menyertakan Link Hidup
3. Nickname mengandung link web/blog tidak akan dipublish
4. Komentar yang berbau sara dan pornografi tidak akan dipublish
5. Karena kesibukan lain, komentar tidak semua dibalas
6. Mari budayakan komentar dengan berbahasa yang baik.

Back To Top